NBA (National Basketball Association)

Logo-NBA-National-Basketball-Association
Logo NBA (National Basketball Association)

Apa itu NBA?

National Basketball Association atau yang sering disebut sebagai NBA adalah salah satu liga basket pria yang paling populer di dunia olahraga basket. Liga NBA berlangsung di Amerika Serikat dan diikuti oleh 30 team yang setiap teamnya mewakili kota di Amerika Serikat, kecuali team Toronto Raptors yang merupakan satu-satunya team yang bukan dari Amerika Serikat, melainkan dari negara Canada. Selain itu, ada juga kota Los Angeles dan New York yang masing-masing memiliki 2 team yang mengikuti liga ini.

(BACA JUGA: Fédération Internationale de Basketball (FIBA))

 

Musim Pertandingan

2 musim pada liga NBA adalah musim reguler dan musim playoff. Musim reguler NBA berlangsung dari Oktober sampai April dengan masing-masing team memainkan 82 pertandingan. Setelah musim reguler selesai, pertandingan dilanjutkan dengan musim playoff dimana 8 team teratas dari musim reguler akan bertanding kembali untuk memperebutkan gelar juara resmi yang Bernama Larry O’Brien Championship Trophy.

Format Kompetisi

Format Kompetisi NBA dibagi menjadi 2 wilayah, yakni wilayah Timur dan wilayah Barat. Masing-masing wilayah akan dibagi menjadi 3 divisi yang diisi masing-masing 5 team.

Wilayah Timur

  1. Divisi Atlantik: Boston Celtics, Brooklyn Nets, New York Knicks, Philadelphia 76ers, Toronto Raptors
  2. Tengah: Chicago Bulls, Cleveland Cavaliers, Detroit Pistons, Indiana Pacers, Milwaukee Bucks
  3. Divisi Tenggara: Atlanta Hawks, Charlotte Hornets, Miami Heat, Orlando Magic, Washington Wizards

Wilayah Barat

  1. Divisi Barat Laut: Denver Nuggets, Minnesota Timberwolves, Oklahoma City Thunder, Portland Trail Blazers, Utah Jazz
  2. Pasifik: Golden State Warriors, Los Angeles Clippers, Los Angeles Lakers, Phoenix Suns, Sacramento Kings
  3. Divisi Barat Daya: Dallas Mavericks, Houston Rockets, Memphis Grizzlies, New Orleans Pelicans, San Antonio Spurs

BACA JUGA: Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia))

 

Sejarah NBA

NBA awalnya dibentuk pada tanggal 6 Juni 1946 di New York dengan nama Basketball Association of America (BAA). Lalu 3 tahun setelahnya, tepatnya pada tanggal 3 agustus 1949. BAA memutuskan untuk bergabung/merger dengan National Basketball League (NBL) menjadi National Basketball Association (NBA).

 

Peraturan NBA

  1. Pertandingan dibagi menjadi 4 kuarter yang setiap kuarternya memiliki waktu 12 menit (4 x 12 menit).
  2. Setiap pertandingan diawasi oleh 3 wasit, yaitu wasit utama Referee,Umpire, Scorer.
  3. Masing-masing pemain memiliki 6 batas personal foul. Lebih dari itu, maka pemain akan langsung di diskualifikasi
  4. Jeda antar setiap kuarter adalah 130 detik.
  5. timeout dapat dilakukan 1x 20 detik pada masing-masing paruh, dan 6 x 120 detik selama pertandingan (reguler). Selain itu, masing-masing tim dibatasi tidak lebih dari 3 time out pada kuarter keempat dan 2 timeout pada 2 menit terakhir pertandingan.
  6. Lapangan memiliki panjang 28,65 meter x 15.24 meter.
  7. Ukuran area 3 detik pada lapangan adalah 4,87 meter x 5,8 meter.
  8. Jarak garis 3 poin dengan ring adalah 7,24 meter atau 6,70 meter dari pojok lapangan.
  9. Setiap team memiliki batas team foul sebanyak 4 kali pada masing-masing kuarter (setiap team foul, maka team lawan akan mendapatkan dua kali free throw).
  10. Ukuran keliling bola sebesar antara 749,3 mm – 755,65 mm (jika diukur dari garis bola) atau antara 752,5 mm – 758,8 mm (jika diukur dari permukaan bola). Berat bola standarnya adalah 623,7 gram.
  11. Nomor jersey setiap pemain memakai sistem dua digit angka, yakni pemain bebas menentukan nomor punggung mereka dengan angka antara 0 – 99.

 

Fakta Unik

  • Los Angeles Lakers dan Boston Celtics adalah 2 team yang paling sering memenangi NBA, Los Angeles Lakers memiliki 32 kemenangan dan Boston Celtics memiliki 17 kemenangan.
  • Dengan adanya liga NBA, Amerika sudah 5x memenangi kejuaraan piala dunia bola basket FIBA.
  • NBA mengenal sistem Salary Cap, yaitu sistem di mana maksimal biaya yang dipakai sebuah tim NBA untuk satu pemainnya dan Salary Cap ini dapat berubah setiap musimnya. Contohnya, musim 2006/07, salary cap-nya adalah 53,135 juta dolar AS, dan musim 2007/08 mencapai 55,63 juta dolar AS
  • Terdapat peraturan NBA Dress Code, yaitu peraturan tentang pakaian para pemain ketika datang bermain NBA dan pulang dari pertandingan NBA.
  • Hingga saat ini, terdapat 5 “dinasti” yang pernah berjaya di pentas NBA. Kelima tim itu antara lain Boston Celtics (1957-1968), Chicago Bulls (1990-1998), LA Lakers (1980-1988), San Antonio Spurs (1999-2014), dan Golden State Warrior (2015-sekarang)

 

Daftar team yang pernah menjuarai NBA

  • 17 gelar – Los Angeles Lakers, Boston Celtics
  • 6 gelar – Golden State Warriors, Chicago Bulls
  • 5 gelar – San Antonio Spurs
  • 3 gelar – Philadelphia 76ers, Detroit Pistons, Miami Heat
  • 2 gelar – New York Knicks, Houston Rockets
  • 1 gelar – Cleveland Cavaliers, Atlanta Hawks, Washington Wizards, Oklahoma City Thunder, Portland Trail Blazers, Milwaukee Bucks, Dallas Mavericks, Baltimore Bullets (aktif 1944–1954), Sacramento Kings, Toronto Raptors

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *