Pelanggaran dalam basket dan jenisnya

Pelanggaran-dalam basket-dan-jenisnya
Wasit memberikan peringatan pelanggaran dalam basket (source bleacherreport.com)

Apa itu pelanggaran dalam basket?

Pelanggaran dalam bola basket mengacu pada tindakan atau perilaku yang melanggar aturan permainan. Pelanggaran dapat terjadi dalam berbagai jenis. Berikut adalah beberapa jenis foul yang umum terjadi dalam permainan bola basket:

Pelanggaran Personal

Pelanggaran ini terjadi ketika pemain melakukan kontak fisik yang tidak diizinkan terhadap pemain lawan. Contohnya termasuk mendorong, menarik, atau memblokir gerakan pemain lawan.

Pelanggaran Shooting

Shooting Foul adalah pelanggaran yang terjadi ketika pemain melakukan pelanggaran terhadap pemain yang sedang dalam proses melempar bola ke arah ring basket. Jika foul ini terjadi, pemain yang dilempar akan mendapatkan kesempatan melempar dua atau tiga lemparan bebas, tergantung pada apakah lemparan tersebut berhasil atau tidak.

Pelanggaran Technical

Pelanggaran ini diberikan kepada pemain atau pelatih yang melanggar aturan non-fisik, seperti menggunakan kata-kata atau gerakan tidak pantas, mengganggu permainan, atau menghina wasit. Technical foul dapat menghasilkan lemparan bebas untuk tim lawan dan seringkali disertai dengan hukuman tambahan, seperti diskualifikasi sementara atau permanen.

Pelanggaran Flagrant

Pelanggaran ini terjadi ketika pemain melakukan pelanggaran dengan sengaja dan kasar terhadap pemain lawan, tanpa memperhatikan bola. Flagrant foul dapat berupa kontak fisik yang keras, pukulan, atau perilaku kasar lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan hukuman berat, seperti pengusiran pemain dari pertandingan.

Pelanggaran Unsportsmanlike

Pelanggaran ini diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan tanpa melibatkan kontak fisik langsung, tetapi dengan maksud mengganggu permainan atau keamanan pemain lawan. Misalnya, menghalangi jalannya pemain, menarik pakaian pemain, atau menggantung di ring basket untuk menghentikan lawan.

Penting untuk dicatat bahwa setiap jenis pelanggaran memiliki konsekuensi dan aturan yang berbeda dalam peraturan bola basket yang berlaku. Wasit bertanggung jawab untuk mengenali dan memutuskan jenis foul yang terjadi serta menerapkan hukuman yang sesuai, seperti tembakan bebas (free throw), tembakan bebas tambahan, pergantian posisi bola menjadi milik lawan, pengusiran (ejection), hingga diskualifikasi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *