Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia)

Logo-Perbasi-Persatuan-Bola-Basket-Seluruh-Indonesia
Logo Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia)

Apa itu Perbasi?

Perbasi adalah satu-satunya organisasi/badan kegiatan olahraga bola basket nasional yang langsung bermitra dengan pemerintah. Organisasi ini mempunyai wewenang dalam mengkoordinasikan dan membina segala kegiatan olahraga basket di Indonesia. Organisasi ini memiliki kantor pusat di Gedung Bola Basket yang berlokasi di Jln. Asia Afrika, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia.

 

Sejarah

Perbasi awalnya dibentuk oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada tanggal 23 Oktober 1951 dengan nama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia yang juga disingkat menjadi Perbasi. Saat itu, organisasi ini dipimpin oleh ketua bernama Tony Wen, dan dengan sekretarisnya bernama Wim Latumeten. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1953, organisasi ini ikut serta dalam organisasi ajang internasional bernama FIBA (Federation Internationale de Basketball). Satu tahun setelahnya yaitu tahun 1954, organisasi ini mengirimkan Timnas pertama Indonesia ke ajang Asian Games II yang diadakan di Manila, Filipina.

Pada tahun 1955, Persatuan Basketball Seluruh Indonesia berubah nama menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia yang hingga saat ini dikenal masyarakat.

(BACA JUGA: NBA (National Basketball Association))

 

President Perbasi saat ini

Saat ini, Perbasi dipimpin oleh Danny Kosasih sebagai dengan jabatan President. Danny Kosasih merupakan president ke-10 yang telah berjabat sejak 2015. Pada tahun 2019, setelah 4 tahun masa jabatan presidentnya habis, Danny Kosasih terpilih kembali menjadi president hingga saat ini.

Sebelum menjadi President, Danny Kosasih sudah berpartisipasi dalam olahraga basket selama 50 tahun. Danny Kosasih pernah menjadi pemain, pelatih, manajer tim (1999), ketua pembina (1998-2002), hingga akhirnya menjadi eksekutif (president) seperti saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *