Jenis-Jenis Shooting Dalam Basket

stephen-curry-melakukan-shooting-pada-suatu-pertandingan-basket-NBA, jenis-shooting-dalam-basket
Stephen Curry Melakukan Shooting Pada Suatu Pertandingan Basket NBA (sumber: buka review)

Basket merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia yang diperkirakan memiliki sekitar 825 juta penggemar di seluruh dunia. Sama halnya di Indonesia, basket sudah menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari anak-anak muda di Indonesia beberapa dekade ini. Kebanyakan penggemar biasanya merupakan pelajar dari bangku SMA (Sekolah Menengah Atas) maupun mahasiswa-mahasiswa yang biasanya memiliki lapangan pada tempat mereka belajar, baik itu sekolah maupun kampus. Namun demikian, basket juga sudah dimainkan mulai dari bangku SD (Sekolah Dasar).

Dalam permainannya, para pemain dibagi menjadi dua team yang akan berkompetisi untuk mencetak skor sebanyak-banyaknya ke dalam ring lawan dalam waktu tertentu. Skor didapat pemain dengan melakukan shooting bola ke dalam ring pemain lawan. Pada dasarnya, shooting dapat dilakukan menggunakan satu tangan maupun dua tangan. Shooting dalam basket pun terdiri dari beberapa jenis dan memiliki point yang berbeda-beda tergantung dari jarak antara ring dengan pemain saat shooting dilakukan. Berikut ini penjelasan jenis-jenis shooting dalam bola basket yang dapat anda pahami.

Jenis-jenis Shooting Dalam Bola Basket:

perbedaan-point-dalam-basket-berdasarkan-area-shooting, jenis-shooting-dalam-basket
Perbedaan Point Dalam Basket Berdasarkan Area Shooting

Tembakan Satu Point

Tembakan ini memiliki jumlah nilai 1 (satu) point yang bisa didapatkan pemain yang melakukan shooting di dalam area Free Throw Area. Selain itu, Free Throw Area juga digunakan sebagai area tembakan bebas (free throw) bagi tim lawan jika tim lainnya melakukan pelanggaran dan wasit memutuskan untuk memberikan kesempatan free throw tersebut. Free Throw akan dilakukan pemain di area berwarna biru pada gambar.

Kesempatan Free Throw biasanya akan diberikan wasit sebanyak 2 sampai 3 kali sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan pemain. Adapun kesempatan Free Throw 1 kali diberikan jika pemain dari tim lawan melakukan pelanggaran kepada tim lainnya yang sedang melakukan shooting, dan saat wasit membunyikan peluit adanya pelanggaran, bola yang di shooting masuk ke dalam ring basket.

 

Tembakan Dua Point

Tembakan ini memiliki nilai 2 (dua) point yang bisa didapatkan pemain yang melakukan shooting di dalam area 2 Point Field Goal seperti pada gambar di atas. Selain itu, nilai dua point juga bisa didapatkan pemain jika pemain melakukan shooting bola dengan teknik lay-up.

 

Tembakan Tiga Point (Three-Point Shot)

ThreePoint Shoot merupakan tembakan yang memiliki nilai tiga point yang bisa didapatkan jika pemain melakukan shooting di luar dari garis penalty (dapat dilihat pada gambar di atas). Tembakan ini membutuhkan fokus dan akurasi tembak yang tinggi karena jarak antara pemain dengan ring yang cukup jauh. Untuk mahir dalam melakukan ThreePoint Shoot ini, diperlukan adanya latihan yang intens untuk meningkatkan akurasi tembakan pemain.

 

Bank Shot

bank-shot, jenis-shooting-dalam-basket
Cara Melakukan Bank Shot (sumber: rookie road)

Bank shot adalah salah satu teknik dasar dalam basket yang bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan bola untuk masuk ke dalam ring. Teknik ini dilakukan dengan cara memantulkan bola ke papan ring, dari situ bola akan lebih mudah masuk ke dalam ring. Untuk lebih mempermudah pemain melakukan bank shot, sebenarnya pada papan ring basket biasanya sudah terdapat kotak pantul (backboard marking) yang bisa digunakan sebagai bantuan untuk para pemain dalam melakukan bank shot. Dalam penggunaannya, bank shot dapat digabungkan dengan semua teknik shooting dalam basket, baik itu jump shot, hook shot, slam dunk, fade away, lay-up, dan teknik-teknik lainnya.

 

Jump Shot

russel-westbrook-jump-shot, jenis-shooting-dalam-basket
Russel Westbrook Jump Shot (sumber: Lightning Report)

Jump Shot merupakan salah satu teknik yang membutuhkan lompatan tinggi, dan akurasi tembakan yang bagus. Semakin tinggi lompatan saat melakukan jump shoot, maka lawan pun akan semakin sulit untuk melakukan block shoot. Sebelum jump shot dilakukan, pengambilan posisi jump shot dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu stride stop dan jump stop. Stride stop dilakukan dengan melangkahkan kedua kaki secara bersamaan untuk berhenti sebelum melakukan jump shot. Sedangkan jump stop dilakukan dengan melangkahkan kedua kaki berurutan sebelum melakukan lompatan.

Untuk melakukan jump shoot, ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan, yaitu:

  1. Perkuat posisi kakimu agar lompatan yang dihasilkan dapat maksimal.
  2. Lakukan lompatan secara spontan agar pemain lawan tidak sempat mengantisipasi lompatan yang kamu lakukan.
  3. Timing terbaik untuk melakukan shoot bola adalah saat tubuhmu berada di titik tertinggi dari lompatan yang kamu lakukan. Lompatan yang tinggi akan percuma jika kamu salah memperhitungkan timing shoot dan tentunya dapat mempermudah lawan untuk melakukan block shoot.

(BACA JUGA: Teknik-teknik Shooting dalam Basket)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *