Teknik-Teknik Shooting Dalam Basket

Kareem Abdul Jabbar Melakukan Teknik Hookshoot (sumber SBNation)

Basket merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga ini menjadi olahraga ketujuh terpopuler setelah adanya sepakbola, hoki, tenis, bola voli, dan tenis meja. Pada umumnya waktu yang dihabiskan permainan bola basket adalah 40 menit (4 babak x 10 menit), dengan perpanjangan durasi dari tambahan babak maupun waktu istirahat. Dengan tempo yang cepat itu lah, para pemain harus berkompetisi mencetak skor sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke dalam ring lawan. Untuk mempermudah para pemain memasukkan bola, ada banyak hal yang perlu diketahui para pemain, yaitu teknik mengontrol bola, teknik shooting, teknik defend, dll.

Apa itu Teknik Shooting?

Setelah sebelumnya membahas jenis-jenis shooting dalam basket, terdapat juga teknik shooting yang merupakan kombinasi-kombinasi gerakan yang digunakan dalam menembak bola basket, teknik ini sangat efektif digunakan oleh para point guard (penyerang team) untuk mencetak skor ke dalam ring lawan. Dalam melakukan shooting, pemain dapat bebas menggunakan satu tangan maupun kedua tangannya. Untuk itu, Threepoint Jersey merangkum beberapa teknik yang dapat kamu pelajari.  Berikut ini beberapa teknik shooting yang pemain basket harus kuasai khususnya untuk anda yang berperan sebagai point guard.

1. Fade Away

teknik-shooting-dalam-basket, teknik-shooting-fade-away
Gerakan-Gerakan Teknik Shooting Fade away (sumber: dallasnews)

Fade away adalah salah satu teknik mengelabui pemain lawan dengan cara menarik tubuh agar condong ke belakang saat melakukan shoot, sehingga defender lawan akan kesulitan mengantisipasi shoot yang dilakukan.

Teknik ini merupakan salah satu teknik yang sulit dilakukan dan memiliki resiko yang tinggi. Pemain harus mampu menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan shooting, karena jika tidak seimbang, pemain akan mudah jatuh dan tentunya akan memudahkan lawan mengambil bola untuk melakukan serangan balik.

Untuk memahami teknik ini, ada beberapa langkah yang anda bisa terapkan, yaitu:

    1. Pijak lantai dengan bertumpu pada kedua telapak kaki untuk memperkokoh posisi.
    2. Lipat sedikit lutut kaki untuk persiapan membuat momentum melompat.
    3. Lakukan lompatan setinggi-tingginya dengan posisi tubuh agak condong ke belakang.
    4. Tembak bola dengan kedua lengan meluruskan.

2. Hook Shot

teknik-shooting-dalam-basket, teknik-shooting-Hook-shot
Kareem Abdul Jabbar Melakukan Hookshoot (sumber SBNation)

Hook Shot adalah salah satu teknik dalam shooting bola dengan memposisikan tubuh tidak langsung ke arah ring, namun dengan tatapan fokus ke arah ring. Teknik ini menggunakan salah satu tangan yang memegang bola untuk melemparkan bola dengan posisi tangan di sebelah telinga dan jauh di atas kepala agar defender lawan tidak dapat melakukan block shot. Teknik ini cukup dikenal sebagai teknik shooting yang sulit untuk di block. Terdapat juga salah satu tokoh legendaris pemain NBA yaitu Kareem Abdul Jabbar yang sangat dikenal karena hookshotnya yang mematikan.

Untuk melakukan hookshot, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemain, yaitu:

  1. Pemain harus memfokuskan pandangannya ke arah ring dengan tubuh yang mengarah ke samping.
  2. Saat melakukan lompatan, pemain harus bertumpu pada satu kaki dengan cara sedikit menekukkan lutut, agar lompatan yang dilakukan dapat maksimal.
  3. Salah satu tangan yang memegang bola dapat diayunkan dari samping telinga untuk menghindari blok dari pemain lawan, dimana tangan lainnya dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan maupun menjaga posisi dari pemain lawan saat melakukan shooting.

 

3. Slam dunk

teknik-shooting-dalam-basket, teknik-shooting-slam-dunk
Gerakan-Gerakan Teknik Slam Dunk (sumber: kampoengilmu)

Slam dunk adalah salah satu teknik yang sangat populer di dunia basket. Teknik ini biasanya dilakukan oleh pemain-pemain profesional karena merupakan teknik yang sangat sulit dilakukan oleh pemain awam. Teknik ini membutuhkan latihan yang konsisten serta kemampuan lompatan yang tinggi dari pemainnya.

Untuk melakukan slam dunk, pemain harus melompat tinggi dan menghempaskan bola langsung ke dalam ring dan biasanya tangan pemain akan ikut terhempas mengenai ring basket setelah shooting dilakukan. Semakin tinggi lompatan pemain, kemungkinan slam dunk berhasil pun semakin tinggi. Berikut ini langkah-langkah secara umum dalam melakukan slam dunk yang dapat kamu pelajari:

  1. Pastikan jarak titik lompatan dengan ring sesuai dengan kemampuan lompatan anda
  2. Tetap fokuskan pandangan anda ke arah ring
  3. Saat melompat, tekuk sedikit lutut agar lompatan yang dihasilkan dapat lebih maksimal
  4. Ayunkan tangan saat melakukan shooting agar dapat memberikan daya dorong lebih pada lompatan

 

4. Lay up

teknik-shooting-dalam-basket, teknik-shooting-lay-up
Gerakan-Gerakan Teknik Shooting Lay Up (sumber: fungsi)

Lay up adalah salah satu teknik dasar melakukan shooting dalam permainan basket. Pemain yang melakukan lay up biasanya akan melangkah dua kali sebelum melompat untuk memasukkan bola ke dalam ring. Pada langkah terakhir sebelum melompat, pemain biasanya akan menambah kecepatan saat melangkah untuk mendekati ring dan mengurangi kemungkinan defender melakukan steal. Pada dasarnya, teknik ini tidak membutuhkan lompatan yang terlalu tinggi, namun membutuhkan fokus serta rangkaian gerakan yang baik.

Berikut ini langkah-langkah lay up yang dapat kamu pelajari dan terapkan pada permainan bola basketmu:

  1. Lakukan drible untuk membuka ruang area pertahanan lawan
  2. Setelah jarak anda cukup dekat dengan ring, terus tambah kecepatan langkah anda
  3. Setelah jarak anda dan ring sudah dekat, lakukan lompatan dengan satu kaki yang berlawanan dengan tangan yang memegang bola
  4. Ayunkan tanganmu dari bawah untuk melakukan shooting, dan pantulkan bola ke backboard agar bola lebih mudah masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *